Alhamdulillah segala ungkapan syukur kita haturkan kepada Allah atas anugerah semangat dan kesehatan sehingga kita masih bisa terus berupaya menanam amal shalih di pesantren kita tercinta, Miftahussalam Banyumas.

Para pembaca yang dirahmati oleh Allah, alhamdulillah di pertengahan bulan Maret 2022 ini, Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas mereorganisasi struktur kepengurusan Dewan Penegak Bahasa Arab masa jabatan 2022-2025.

Language is Our Crown.

Begitulah pepatah bijak mengatakan. Kemuliaan seseorang bisa tercermin dari baiknya penguasaan bahasa seseorang. Seorang santri menjadi mulia dengan penguasaannya terhadap bahasa Kitabullah, bahasa wahyu, bahasa Nabi dan bahasa 3 generasi terbaik ummat ini (Generasi Sahabat radhiyallahu ‘anhum, generasi tabi’in dan generasi tabi’ut tabi’in)

Adapun secara struktural, selaku Presiden Dewan Penegak Bahasa Arab PP Miftahussalam Banyumas adalah ustadz Abid Khofif Amri, S. Spd. Bagian Litbang Bahasa Arab diduduki oleh ustadz Alwi Hanifan Fauzi, S. Ag bersama ustadz Adam Lodi dan bagian Sarana Prasarana diduduki oleh ustadz Fieka ‘Imaduddin bersama ustadz Imam Zhafir Alam.

Apa program di kepengurusan baru periode kali ini?

Kepengurusan baru Dewan Penegak Bahasa Arab di tahun 2022 ini bukan hanya sebagai formalitas kelembagaan, tetapi dengan semangat perbaikan dan perubahan telah menetapkan beberapa program penguatan bahasa Arab di lingkungan pesantren. Objek dari program ini bukan hanya ditujukan kepada santri, akan tetapi juga menyasar para asatidzah yang selama ini kurang mendapat perhatian di sisi disiplin berbahasa. Maka, diantara upaya dewan baru ini adalah membekali para asatidzah dengan ta’bir dan hiwar yaumi yang aplikatif lagi praktis.

Harapan dan impian

Harapannya tentu untuk dapat memberikan teladan dan edukasi kepada para santri karena keteladanan merupakan metode pendidikan terbaik saat ini. Jika para asatidzah bergerak lebih dulu dan aktif berbahasa Arab dengan metode-metode tertentu, maka akan lebih mudah bagi santri untuk melaksanakan arahan pesantren untuk disiplin berbahasa karena sudah terlebih dahulu dicontohkan secara real oleh para asatidzah. Impian kami di masa depan dengan perubahan yang perlahan namun signifikan ini adalah supaya Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas memiliki branding sebagai Darul Lughah atau Madrasah ‘Arabiyah terbaik di Jawa Tengah.

Leave a Comment